Related Posts with Thumbnails

Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei)

Senin, 08 Maret 2010

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, ada baiknya kita mengingat kembali perjalanan sejarah bangsa kita, yang dimulai dengan lahirnya gerakan nasionalis pertama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, hampir seratus tahun yang lalu. Pergerakan nasional ini dipimpin oleh Dokter Soetomo di Jakarta. Dengan dorongan dilahirkannya Boedi Oetomo ini, kemudian lahir beberapa organisasi yang dimotori oleh kalangan pelajar.Photobucket

Pada tahun 1912 lahir satu gerakan politik yang amat penting, yaitu Indische Partij yang dimpimpin oleh Douwes Dekker (Dr. Setiabudhi), R.M. Suwardi Suryaningrat dan Dr. Tjipto Mangunkusumo. Tahun 1913, partai ini dilarang oleh pemerintah kolonial Belanda dan pemimpin-pemimpinnya ditangkapi dan kemudian dibuang dalam pengasingan.

Pada perkembangan berikutnya dari kalangan agamawan tidak ketinggalan mendirikan organisasi sosial keagamaan seperti Persyarikatan Ulama Majalengka (1911), Sarekat Islam, di tahun 1912, di bawah pimpinan Haji O.S. Tjokroaminoto bersama Haji Agus Salim dan Abdul Muis. Muhammadiyah (1912), Persatuan Islam (PERSIS) di Bandung (1923), Nahdlatul Ulama di Surabaya (1926), Persatuan Tarbiyah Islamiah di Candung Bukittinggi (1930), Persatuan Muslimin Indonesia di Padang Panjang (1932) dan lainnya.Organisasi sosial keagamaan dan organisasi-organisasi yang didirikan kaum terpelajar di atas menandakan tumbuhnya benih-benih nasionalisme dalam pengertian modern.

Berbekal sejarah di atas, sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia bersatu untuk membangun kembali negara yang yang kita cintai. Apalagi selama beberapa tahun belakangan ini terus-menerus diberikan cobaan dan musibah oleh Allah swt. Oleh karena itu, mari kita mulai hari Kebangkitan Nasional tahun ini dengan mengintrospeksi diri masing-masing. Mari kita perbaiki moral masing-masing diri kita dan juga moral masyarakat Indonesia secara keseluruhan, sehingga harapan kita, dengan moral masyarakat yang baik, maka negara kita yang tercinta ini akan menjadi baik pula.

Selain moral yang baik, yang tidak kalah penting adalah kita benahi sektor pendidikan di negara kita. Dengan momen hari Kebangkitan Nasional ini, mari kita memberikan andil dan solusi terbaik untuk membangun pendidikan Indonesia yang baik dan berkualitas. Karena dengan SDM yang bermoral baik, berakhlaq mulia serta berkualitas bangsa Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang beradab dan bermartabat. Dirgahayu Kebangkitan Nasional !





Buzz this

0 komentar:

foto BAKSOS

Pengikut

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP