Related Posts with Thumbnails

7 Elemen Wajib pada suatu Organisasi

Selasa, 04 Mei 2010

Organisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti, kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) di dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.Atau Kelompok kerja sama antara orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama, seperti juga yang biasanya telah kita ketahui.
Ada 7 elemen utama yang harus dimiliki oleh sebuah Organisasi untuk mendapatkan suatu kemajuan hasil, yakni :
- Nilai & Misi
- Misi
- Aturan
- Profesionalisme
- Sumber Daya
- Rencana Kerja
- Insentif
Apabila sebuah Organisasi tersebut tidak memiliki satu saja dari elemen di atas, maka Organisasi tersebut dapat timpang. Contohnya, jika suatu Organisasi tidak memiliki Nilai & Misi, maka Organisasi itu dapat rusak, mengapa? Dikarenakan Nilai & Misi adalah dasar utama dari terbentuknya organisasi tersebut, misalnya seperti pengertian Organisasi yang telah saya paparkan di atas, bahwa sebuah organisasi diadakan untuk mencapai ”tujuan bersama”, maka dari itu suatu Organisasi harus memiliki elemen itu.
Hampir sama juga dengan Misi, jika suatu Organisasi tidak memiliki misi, maka Organisasi itu akan mengalami kebingungan, mengapa? Karena keberadaan Misi tersebut ada untuk mencapai Visi. Jadi apabila punya Visi tapi tidak memiliki Misi, maka darimana Visi Organisasi tersebut akan tercapai, betul kan? Dan suatu Organisasipun harus berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika suatu Organisasi tidak punya peraturan? Anggota dan Ketua datang seenaknya, tidak melaksanakan tugas yang sudah direncanakan, maka ini akan menimbulkan suatu Konflik Kepentingan antar orang-orang yang terlibat di dalamnya bukan?
Dalam menjalankan suatu Organisasi itupun,setiap individunya wajib memiliki sifat Profesionalisme, mengapa? Contohnya, dulu saya mempunyai sebuah Band. Band saya tersebut, ada saja individunya yang tidak profesional, seperti datang tidak tepat waktu, mementingkan urusan pribadi,dll. Pada saat itu Band saya akan manggung di sebuah tempat di kawasan Jakarta, tapi karena terdapat ketidakprofesionalan salah satu anggota saya tersebut, menimbulkan keresahan bagi saya dan teman-teman yang semangat untuk mempersiapkan untuk manggung tersebut. Maka dari itu, sangat di tuntut sikap profesioanlisme dalam menjalankan suatu Organisasi tersebut.
Sumber daya sangat dibutuhkan juga dalam suatu Organisasi. Dan kekurangan atau ketidakadaan sumber daya dapat menjadi fatal akibatnya. Contohnya, kembali ke pengalaman Band saya kembali, bagaimana jadinya apabila saat saya akan di panggil untuk tampil pada suatu Festival tetapi salah satu personil band saya tidak ada? Alhasil, saya dan anggota band yang lain merasa frustasi. Karena suatu Organisasi itu tercipta dengan suatu tujuan bersama dan dengan sumber daya yang telah dibagi pekerjaannya masing-masing, jika itu (sumber daya yang melaksanakan pekerjaan masing-masing) saja tidak terlaksana, maka bagaimana bisa suatu tujuan itu terlaksana, akhirnya pun pada saat itu kami sepakat untuk membatalkan tampil pada Festival tersebut dengan kecewa. Dengan begitu tujuannya tidak berjalan sesuai dengan semestinya bukan?
Suatu Organisasipun, yang sudah memilik Nilai & Visi, Misi, harus mempunyai Rencana Kerja. Sebetulnya intinya sama saja, namun Rencana Kerja lebih memikirkan, apa yang kita kerjakan sekarang dan esok. Seperti yang saya paprkan juga di atas, bahwa Rencana Kerja itulah yang dijalankan Sumber Daya Manusianya untuk dapat mencapai tujuan-tujuan Organisasi tersebut. Rencana Kerja ini sangat penting untuk meng-Golkan suatu Misi. Dengan Misi yang Gol, maka Visi dan tujuanpun akan dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan yang diinginkan masing-masing individunya.
Ada satu elemen lagi yang penting, yaitu Insentif. Lagi-lagi saya membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia lagi dan saya menemukan artinya bahwa Insentif adalah penambahan penghasilan (uang,barang,dsb) yang diberikan untuk memperbesar gairah kerja. Sumber Daya Manusia itu ya jelas manusia. Pasti punya hati,pikiran, dan juga kebutuhan hidup. Coba kita berpikir sejenak, alangkah enaknya kalau kita sedang bekerja, tiba-tiba bos atau pemimpin kita datang dan berkata pada kita, ”Hei,kalau kamu rajin dan cepat selesain kerjaan itu, ta’ tambahin gajimu jadi 2x lipat deh, mau taq?” kata bos. Coba, manusia mana yang tidak mau mendapatkan kenaikan gaji pada pekerjaanya? Maka dari itu akan timbul sebuah semangat dalam diri individu itu untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik dan menjadikannya tidak lamban dalam menyelesaikan tugasnya, iya toh?
Maka dari itu, ke-7 elemen itu sangat penting dimiliki oleh sebuah Organisasi agar mendapatkan hasil yang diinginkan oleh semua individunya. Dan jika semua itu dimiliki oleh Organisasi tersebut maka, Organisasi itupun akan mengalami kemajuan yang akan membawa tiap-tiap individunya pada suatu hasil yang mereka inginkan. ^_^



Sumber @ Web Sebelah.....

Buzz this

0 komentar:

foto BAKSOS

Pengikut

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP